1. MANAJEMEN ARSIP
> Pasti belum tahu kan apa
sih definisi dari Arsip itu? Sedangkan apa itu manajemen arsip?
> Secara bahasa, Arsip mengalami
perkembangan. Dalam bahasa Belanda disebut archief, dalam
bahasa Inggris disebut archive berasal dari bahasa Yunani,
yaitu Arche yang berarti permulaan. Kemudian dari kata archeberkembang
menjadi kata “ta archia” yang berarti catatan. Selanjutnya kata “ta
archia” berubah lagi menjadi kata “archeon” yang berati “gedung
pemerintahan”
Dr.
Basir Barthos menyebutkan dalam bukunya “Manajemen Kearsipan” bahwa arsip
adalah setiap catatan tertulis baik dalam bentuk gambar ataupun bagan yang
memuat keterangan-keterangan mengenai sesuatu subyek (pokok persoalan) ataupun
peristiwa yang dibuat orang untuk membantu daya ingatan orang itu pula. Sedangkan
Manajemen arsip
adalah proses pengawasan, penyimpanan, dan pengamanan dokumen serta arsip, baik
dalam bentuk kertas maupun media elektronik.
2. MANAJEMEN RAPAT
> Apa saja yang
dilakukan untuk mempersiapkan rapat? Dan Dalam
suasana rapat terkadang berubah menjadi negatif dikarenakan pengaruh
kejadian-kejadian kecil, Apa saja pengaruh-pengaruh itu?
> 1. Menyiapkan agenda
rapat
2. Penyampaian undangan
rapat lebih awal untuk memberikan waktu yang cukup kepada peserta
3. Memastikan semua yang diundang dapat hadir
4. Memastikan kesiapan fasilitas
> Pemimpin rapat yang datang terlambat, ruang atau tempat yang belum dipersiapkan terlebih dahulu, pemimpin yang kurang siap dalam memulai pokok pembahasan (kata-kata yang terpoton-potong), peserta rapat datang
terlambat, rapat yang disela dengan bunyi telepon dan dilanjutkan dalam pembicaraan, peserta yang kurang siap.
3. ORGANISASI PERKANTORAN
> Apa saja syarat-syarat personel kantor?
> 1. Syarat pengetahuan : Personel kantor harus
dapat melakukan penggolongan/klasifikasi berdasarkan criteria tertentu. Ia
perlu menguasai matematika sederhana, tata cara bahasa Indonesia, dan sebaiknya
bahasa inggris secukupnya. Syarat pengetahuan ini antara lain dapat dijamin,
meskipun tidak selalu, oleh bekal pendidikan yang telah dicapai oleh personel
yang bersangkutan, misalnya SLTP, SMU, SMK, diploma, atau sarjana.
2. Syarat
keterampilan : Sekurang-kurangnya
personel kantor harus dapat membaca dan menulis dengan cukup baik. Keterampilan
dasar lain yang umumnya dituntut juga adalah mengetik. Dengan berkembangnya
teknologi, kemampuan menggunakan aplikasi computer juga semakin banyak
dituntut, khususnya aplikasi pengolahan data. Selain itu, personel kantor harus
perlu memilki kemampuan melaksanakan pekerjaan secara cermat, teliti, dan
berhasil, sesuai dengan standar atau prosedur yang telah ditentukan dalam
bidangnya.
3. Syarat
kepribadian : Kepribadian setiap orang tentu saja unik dan berbeda-beda. Akan
tetapi, ada unsur-unsur sikap yang umum, yang idealnya dimiliki oleh personel
kantor, yakni loyalitas (kesetiaan terhadap organisasi dan pekerjaan), dapat
menyimpan rahasia, terutama karena pekerjaannya banyak berkaitan dengan
informasi-informasi penting dan rahasia perusahaan, ketekunan dan kerajinan,
kerapian.
4. SISTEM KOMUNIKASI
PERKANTORAN
> Apa definisi dari sistem komunikasi perkantoran?
> yaitu sistem yang terjadi dan berlangsung di dalam kantor, atau ada yang menyebutnya dengan istilah tata hubungan kantor (Office Comunication).
5. PENGAWASAN DAN PELAPORAN
ORGANISASI PERKANTORAN
> Siapa
saja yang dapat dijadikan sebagai pengawas atau penilai :
> 1.
Supervisor,
yang mempunyai kesempatan lebih banyak dan bertanggung jawab atas kinerja
langsung anak buahnya.
2. Teman sekerja,
yang didasari atas kenyataan tidak setiap saat atasan dapat memonitor kinerja
anak buahnya, dan yang merasakan baik tidaknya kinerja seorang pegawai adalah
teman sekerjanya, terlebih mereka tergabung dalam sebuah tim kerja.
3. Bawahan,
merupakan salah satu umpan balik dalam proses pengawasan yang baik.
4.
Menilai diri
sendiri, yang bisa dijadikan bahan untuk perbaikan proses kerja sesuai dengan
harapan pegawai dan bisa mengurangi sikap desensif mereka dalam proses pengawasan.
5. Pelanggan, yang
cukup penting dalam proses pengawasan bagi pegawai administrasi yang
berhubungan langsung dengan pelanggan atau konsumen suatu organisasi atau
perusahaan.
6. Komputer, merupakan
salah satu pengawas terbaru pada administrasi perkantoran. Kebanyakan dari
perusahaan di A.S memonitor penggunaan internet dan email pekerjanya yang
menggunakan komputer perusahaan.
7. Umpan balik 360
derajat, semakin populer di Amerika dimana sepertiga organisasi atau perusahaan
memakainya.
6. DESAIN INTERIOR DAN LINGKUNGAN PERKANTORAN
> Apa saja yang harus
diperhatikan dalam dalam Desain Interior Kantor?
> Ruangan, Udara,
Lingkungan yang sehat, System Pencerahan, Warna, Control Suara, Music, Keamanan
Kantor.
7. MANAJEMEN KOMUNIKASI
> Apa saja fungsi komunikasi perkantoran?
> 1. Pengendalian usaha, organisasi melalui proses komunikasi dalam menghadapi prilaku karyawannya dengan cara keharusan mematuhi peraturan yang berlaku dalam organisasi
2. Pengembangan komunikasi, memberikan penjelasan tentang setiap hal yang harus dilakukan karyawan, cara bekerja sebaik-baiknya, dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki prestasi kerjanya jika belum memenuhi standard.
3. Sarana Ungkapan Emosional, saluran tercepat yang bisa menampung berbagai perasaan, keluhan, kekecewaan, dan perasaan puas terhadap organisasi dan pekerjaan mereka.
> 1. Pengendalian usaha, organisasi melalui proses komunikasi dalam menghadapi prilaku karyawannya dengan cara keharusan mematuhi peraturan yang berlaku dalam organisasi
2. Pengembangan komunikasi, memberikan penjelasan tentang setiap hal yang harus dilakukan karyawan, cara bekerja sebaik-baiknya, dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki prestasi kerjanya jika belum memenuhi standard.
3. Sarana Ungkapan Emosional, saluran tercepat yang bisa menampung berbagai perasaan, keluhan, kekecewaan, dan perasaan puas terhadap organisasi dan pekerjaan mereka.
4. Pemberian Informasi, memberikan informasi kepada seluruh karyawan tentang suatu keputusan melalui saluran komunikasi yang benar.
0 komentar:
Posting Komentar